Topik Pengamatan : Sampah
SUB TOPIK
PENGAMATAN : SAMPAH ORGANIK,
SAMPAH PLASTIK dan sampah kertas
A.
Latar Belakang
Sampah
adalah isu yang berkembang di mana-mana. Pada dasarnya permasalahan
tentang sampah tidak bisa kita hindari dari kehidupan sehari-hari. Begitu juga
di lingkungan MAN 1 Pekanbaru terdapat banyak sampah organik, plastik dan juga
sampah kertas.
B.
Waktu Pelaksanaan
Kegiatan ini dilaksanakan sejak TP 2013 dan berkelanjutan
hingga saat ini.
C.
Tempat Pelaksanaan
Ruangan kelas,
halaman sekolah, dan lingkungan sekitar sekolah
D.
Pelaksana
Seluruh civitas akademika MAN 1 Pekanbaru, Masyarakat sekitar, dan Komite
Sekolah.
E. Cara
Pelaksanaan
MAN 1 Pekanbaru meminimalisir produksi sampah yang
berlebihan dengan cara 8 R, yaitu :
1.
Reduce / Mengurangi
Sampah bisa dikurangi dengan mengurangi pemakaian
material yang dapat menghasilkan sampah yang berlebihan, contohnya dengan tidak
mengizinkan kantin menjual minuman dalam kemasan, kantin juga tidak dibenarkan
menjual snack yang menggunakan kemasan plastik, siswa tidak lagi menggunakan
buku untuk setiap mata pelajaran tetapi hanya menggunakan satu buah binder
untuk semua mata pelajaran.
2.
Reuse / Digunakan kembali
Dengan
menggunakan atau memanfaatkan kembali barang-barang seperti menggunakan gelas dan
juga piring di kantin untuk siswa yang ingin membeli minuman dan makanan.
3.
Recycle / Daur ulang
Satu lagi
yang tidak kalah penting yaitu pemanfaatan kembali sampah-sampah itu menjadi
barang-barang bermanfaat. Contohnya: pembuatan pupuk kompos, membuat berbagai
barang yang bermanfaat dari sampah plastik dan juga koran bekas.
4.
Repair / memperbaiki kembali
Memperbaiki kembali barang –
barang yang rusak dan tidak langsung membuang seperti memperbaiki microphone,
bel, dan alat-alat listrik, hingga tidak menjadi sampah.
5.
Refuse / menolak pemakaian barang-barang yang
berpotensi menjadi sampah
Melakukan aksi
aksi lingkungan, sosialisasi, penyuluhan, dan lomba dengan tujuan siswa dapat menunjukkan bahwa mereka tidak ingin
melakukan sesuatu juga menolak melakukan sesuatu, seperti mengadakan
penyuluhan dan lomba dalam memperingati lingkungan.
6. Rethink / berpikir
kembali
Memikirkan
kembali untuk merubah suatu hal dan memikirkan penilaian baik buruk terhadap
suatu hal juga berfikir kembali atas tindak perbuatan yang telah terjadi maupun
yang akan terjadi, seperti melakukan sosialisasi tentang sampah kepada siswa
secara rutin dalam kegiatan upacara pagi, kegiatan muhasabah jum’at dan pada
pelajaran PLH.
7. Replant / menanam
pepohonan kembali
Kegiatan melakukan
penanaman kembali. Contoh : melakukan kegiatan penanaman bibit pada pelajaran
PLH, melakukan kegiatan-kegiatan penanaman dalam memperingati hari-hari
lingkungan.
8. Respect / penghargaan terhadap lingkungan
Memberikan
penghargaan kepada siswa-siswi yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan
yang memberikan dampak positif terhadap lingkungan, peduli kebersihan dan
peduli sampah.
F.
Fasilitas
·
Pamflet
cara-cara pengelolaan sampah
·
Pengadaan
tempat sampah yang terpisah
·
Gerobak
sampah
·
Bank
sampah
·
Komposting
·
Daur
ulang sampah plastik dan kertas
·
TPS
·
Menjalin
kemitraan dengan DKP Bag.Kompos
·
Menjalin
kemitraan dengan KSM Melati untuk program daur ulang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar