Senin, 20 Oktober 2014

KAJIAN LINGKUNGAN MAN 1 PEKANBARU





Topik Pengamatan                   : Sampah
SUB TOPIK PENGAMATAN          : SAMPAH ORGANIK, SAMPAH PLASTIK dan sampah kertas
                                                             

A.      Latar Belakang

Sampah adalah  isu yang berkembang di mana-mana. Pada dasarnya permasalahan tentang sampah tidak bisa kita hindari dari kehidupan sehari-hari. Begitu juga di lingkungan MAN 1 Pekanbaru terdapat banyak sampah organik, plastik dan juga sampah kertas.

B.      Waktu Pelaksanaan

Kegiatan ini dilaksanakan sejak TP 2013 dan berkelanjutan hingga saat ini.

C.      Tempat Pelaksanaan

Ruangan kelas, halaman sekolah, dan lingkungan sekitar sekolah

D.      Pelaksana

Seluruh civitas akademika MAN 1 Pekanbaru, Masyarakat sekitar, dan Komite Sekolah.

E.      Cara Pelaksanaan

MAN 1 Pekanbaru meminimalisir produksi sampah yang berlebihan dengan cara 8 R, yaitu :

1.      Reduce / Mengurangi
Sampah bisa dikurangi dengan mengurangi pemakaian material yang dapat menghasilkan sampah yang berlebihan, contohnya dengan tidak mengizinkan kantin menjual minuman dalam kemasan, kantin juga tidak dibenarkan menjual snack yang menggunakan kemasan plastik, siswa tidak lagi menggunakan buku untuk setiap mata pelajaran tetapi hanya menggunakan satu buah binder untuk semua mata pelajaran.

2.      Reuse / Digunakan kembali
Dengan menggunakan atau memanfaatkan kembali barang-barang seperti menggunakan gelas dan juga piring di kantin untuk siswa yang ingin membeli minuman dan makanan.

3.      Recycle / Daur ulang
Satu lagi yang tidak kalah penting yaitu pemanfaatan kembali sampah-sampah itu menjadi barang-barang bermanfaat. Contohnya: pembuatan pupuk kompos, membuat berbagai barang yang bermanfaat dari sampah plastik dan juga koran bekas.

4.      Repair / memperbaiki kembali
Memperbaiki kembali barang – barang yang rusak dan tidak langsung membuang seperti memperbaiki microphone, bel, dan alat-alat listrik, hingga tidak menjadi sampah.

5.      Refuse / menolak pemakaian barang-barang yang berpotensi menjadi sampah
Melakukan aksi aksi lingkungan, sosialisasi, penyuluhan, dan lomba dengan tujuan siswa dapat menunjukkan bahwa mereka tidak ingin melakukan sesuatu juga menolak melakukan sesuatu, seperti mengadakan penyuluhan dan lomba dalam memperingati lingkungan.
6.      Rethink / berpikir kembali

Memikirkan kembali untuk merubah suatu hal dan memikirkan penilaian baik buruk terhadap suatu hal juga berfikir kembali atas tindak perbuatan yang telah terjadi maupun yang akan terjadi, seperti melakukan sosialisasi tentang sampah kepada siswa secara rutin dalam kegiatan upacara pagi, kegiatan muhasabah jum’at dan pada pelajaran  PLH.

7.      Replant / menanam pepohonan kembali
Kegiatan melakukan penanaman kembali. Contoh : melakukan kegiatan penanaman bibit pada pelajaran PLH, melakukan kegiatan-kegiatan penanaman dalam memperingati hari-hari lingkungan.

8. Respect / penghargaan terhadap lingkungan
Memberikan penghargaan kepada siswa-siswi yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang memberikan dampak positif terhadap lingkungan, peduli kebersihan dan peduli sampah.

F.      Fasilitas
·         Pamflet cara-cara pengelolaan sampah
·         Pengadaan tempat sampah yang terpisah
·         Gerobak sampah
·         Bank sampah
·         Komposting
·         Daur ulang sampah plastik dan kertas
·         TPS
·         Menjalin kemitraan dengan DKP Bag.Kompos
·         Menjalin kemitraan dengan KSM Melati untuk program daur ulang







Tidak ada komentar:

Posting Komentar